Definisi Dan Pengertian Penyakit Batu Empedu

Selamat datang dan Terima kasih sudah berkunjung disitus kesehatan obatherbalbatuempeduterbaik.blogspot.co.id. Kami disini akan memberikan informasi seputar penyakit batu empedu.

Definisi Dan Pengertian Penyakit Batu Empedu


Definisi Dan Pengertian Penyakit Batu Empedu - Penyakit Batu Empedu merupakan endapan keras yang terbentuk didalam kandung empedu. Ini terjadi karena cairqan empedu yang dihasilkan dari kolesterol, garam empedu dan bilirubin merubah diri menjadi partikel keras berupa potongan - potongan batu empedu yang padat.

Kandung empedu adalah kantong atau organ kecil yang ditemukan dibawah hati. Tujuan utamanya adalah untuk menyimpan dan berkonsentrasi pada empedu. Sedangkan empedu merupakan cairan yang dihasilkan oleh hati untuk membantu percernaan lemak, lalu dari hati ke kandung empedu melalui serangkaian saluran yang dikenal sebagai saluran empedu.

Pada sebagaian besar kasus, penyakit batu empedu ini tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, terkadang batu empedu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat. Menurut American College of Gastroenterology (ACG) , 80 persen orang yang memiliki batu empedu tidak memiliki gejala yang khusus. Ini disebut "silent" batu empedu.

Penyakit batu empedu ini juga terbagi ke dalam 2 jenis, diantaranya adalah :
  • Kolesterol batu.
Jenis ini biasanya berwarna kuning atau hijau. Jenis kolesterol batu merupakan tipe yang paling umum, hampir 80% dari penderita batu empedu mengalami jenis ini.
  • Batu pigmen
Pada jenis batu pigmen, batu - batunya lebih kecil dan berwarna gelap. Batu ini tebentuk dari bilirubin yang berasal dari empedu.

Batu empedu memiliki berbgai bentuk ukuran, ada yang kecil seperti butiran pasir. Namun, pernah ditemukan dengan ukuran bola golf. Dalam beberapa kasus tertentu, dalam sebua kandung empedu tidak hanya ditemukan sebuah batu ukuran besar, tetapi juga bisa terdiri dari ratusan batu ukuran kecil atau bahkan perpaduan keduanya.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari batu empedu ini. Namun, beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa "genetika, berat badan dan masalah pada kandung kemih adalah salah satu penyebab terjadinya batu empedu". Empedu merupakan salah satu yang terpenting dalam kandung empedu. Jika memiliki terlalu banyak kolesterol didalamnya akan mungkin untuk dapat membentuk batu empedu.

Membiarkan kondisi ini berlanjut tanpa adanya pengobatan akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Selain itu juga akan menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya, seperti Peradangan kandung empedu (kolesistitis akut), Infeksi saluran empedu (kolangitis akut), pankreatitis akut dan Kanker kandung empedu.

Tidak hanya memberikan informasi, kami juga memberikan rekomendasi untuk pengobatan batu empedu yang anda derita, anda bisa klik di Obat Herbal Batu Empedu.

Sumber :
  • www.webmd.com
  • http://www.nhs.uk
Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Penyakit Batu Empedu ?